Rabu, 03 Maret 2021

 Assalamu'alaikum para pembaca yang budiman, apa kabar? Semoga berlimpah  kebahagiaan. Apalagi kalau bersedia membaca curahan kata berikut ini, hehehe.... 


Ceritanya aku dapat challenge dari kelas lanjutannya One Day One Post a.k.a ODOP yaitu kelas ODOP BLOGGER SQUAD yang ternyata sudah ada sejak tahun kemarin (duh, saking banyaknya grup daring jadi ga ngeh kalau ada kelas canggih macam ini mana gratis pula.. heu). 



Alhamdulillaah salah satu efek dirumah saja, akhirnya aku memberanikan tekad untuk bergabung pada tahun ini. Speechless dong awalnya, para pesertanya kebanyakan sudah pada mahir tentang dunia bloggerisasi. Apalah aku yang masih meraba-raba tentang kecanggihan media blog, baru nyempetin intip sarang laba-laba eeeh akun blog yang ada maksudnya  kalau ada challenge seperti ini, ups....
Kali ini  para maestro yaitu Kak Jihan pemilik akun www.jeyjingga.com , Kak Marita di www.maritaningtyas.com dan para kakak admin yang super ketceh lainnya sengaja memberikan tema   tentang Big Why Ngeblog, agar para peserta makin paham mengapa harus Ngeblog sesuai dengan pengoptimalan sistem telusur. Sebelumnya mohon maaf karena aku masih belum move on dari sistem kebut semalam, jadilah tulisan ala kadar seperti ini. Semoga tetap ada manfaat yang bisa diambil.
Berawal dari niat hati untuk turut menuangkan karya seni di dunia literasi, bertemulah jari jemari dengan pengumuman kelas menulis yang bersliweran dalam grup whatsapp. Dari sekian grup kepenulisan yang sedang berpromosi, entah kenapa aku merasa lebih betah bergabung dengan grup ODOP ini. Ada keramahan yang dibagikan oleh para senior kepada newbie, lintas daerah pun lintas usia bisa bersama menimba ilmu daring dengan citarasa ria gembira.
Dari sinilah aku tertarik untuk lebih mendalami dunia online tulis menulis.

Mengapa menulis online?
Sebenarnya, aku sedang berusaha mempelajari  bagaimana serunya perkembangan dunia literasi baik online maupun offline. Dulu zaman sekolah aku kuper lagaknya,  mana familiar dengan kebermanfaatan dunia online seperti sekarang, palingan hanya tau kalau facebook itu buat nyetatus alay tanpa tujuan yang jelas. Alhamdulillaah sekarang meskipun masih aja kuper tapi setidaknya terbantu dengan banyaknya kelas luring penuh guna yang bertebaran secara cuma-cuma. Nah, dari sini makin menggebu keinginanku untuk turut berpartisipasi meninggalkan jejak di dunia literasi daring, salah satunya melalui tulisan via Ngeblog .

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, (QS. 14:24) pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (QS. 14:25) Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun. (QS. 14:26)” (QS. Ibrahim: 24-26)


Bahagia dong pastinya saat tulisan bisa terselesaikan lalu diposting  dengan indah nan menawan. Tapi ternyata aku harus lebih tekun lagi belajarnya supaya tulisan yang kurangkai bisa membuat pembaca betah berlama-lama. Ketika pembaca betah, disitulah makin terbuka peluang amal jariyah. Semakin banyak ilmu yang dapat dibagikan semakin bermanfaat, bukan? 

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

Ibarat peribahasa berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, untuk sekarang aku masih menikmati serunya berakit ke hulu. Kadang disertai hujan petir, kadang pula terik mentari menyeringai. Terima kasih kepada para senior, responden dan kalian semua yang rela membaca terlebih mau memberikan kritik saran. Semoga Allah membalas kebaikannya. Aamiin


#ODOPSquadBlogger
#OneDayOnePost
#EmployeeOfAllah

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates