Rabu, 10 Maret 2021

 Bismillah

Assalamu'alaikum para pembaca nan baik hatinya. Sudah mulai familiar dengan Komunitas One Day One Post, bukan? Sudah dong, iya kan?! 

Bila ada yang lupa-lupa ingat bisa nih baca artikel berikut 

http://dloverheruwidayanto.blogspot.com/2017/09/sejarah-one-day-one-post.html

https://www.rikaaltair.com/2016/12/tentang-bang-syaiha.html

Nah, bagaimana? Keren punya dong! Padahal artikel tersebut ditulis pada tahun 2017 sudah sekeren itu, bagaimana kabarnya sekarang?

Alhamdulillah, Komunitas ODOP makin berkembang sekarang. Ada banyak orang baik disana. Mereka secara sukarela berbagi ilmu, pengalaman pun dana yang tak tanggung-tanggung berkahnya. Kesungguhan para pegiat untuk membesarkan kebermanfaatan komunitas ini layak diberi apresiasi doa terbaik. Bagaimana tidak? Di sela aktivitas harian yang penuh peluh kesibukan, mereka masih bersedia meluangkan waktu untuk saling sapa dengan para member lainnya, saling bertukar informasi, hingga kopdar keliling Indonesia (meski saat pandemi dialihkan menjadi nobar).

Pasti makin banyak penulis yang tertarik untuk mendalami dunia literasi bersama komunitas ini. Apalagi dengan diadakannya banyak program baru yang dirancang untuk memantabkan keberadaaan komunitas ini. Mulai dari Reading Challenge ODOP dengan  quotes andalannya "Kalau engkau ingin menjadi penulis, ada dua hal yang harus kau lakukan, banyak membaca dan menulis. Setahuku, tidak ada jalan lain selain dua hal ini. Dan tidak ada jalan pintas." - Stephen King, ODOP Tembus Media, ODOP Nulis Buku, Squad Blogger ODOP, hingga yang terbaru yaitu ODOP Nulis Platfrom. Sebenarnya ingin hati mengikuti semua kelas yang ada dalam waktu bersamaan, namun kuputuskan untuk fokus dulu pada satu kelas supaya mampu menyelesaikan tantangan dengan bahagai, terlebih setelah membaca qoutes  anonim "Sebaik-baik tulisan adalah yang selesai. Sebaik-baik karya adalah yang layak sampai di tangan pembaca. Sebaik-baik bacaan, adalah yang bermanfaat dan menggerakkan".

Yuhuuu, pilihanku tahun ini yaitu kelas ODOP Blogger Squad. Apa itu? Ini dia ulasan dari Ketua ODOP tahun lalu

https://www.duniakifa.my.id/2021/03/Program-ODOP-Blogger-Squad.html


Nah, supaya kalian makin terpesona untuk bergabung disana. Kali ini aku sengaja mengumpulkan berbagai tips dari para Senior kelas ODOP Blogger Squad 2021, cekidot...!



"Kunci pertama ngeblog adalah Kenali dapurmu! Karena kita tidak akan sukses masak sebelum kenal dimana tempat menyimpan  segala macam bumbu. Kulik sampai hafal di luar kepala terkait dashboard blog kita. Supaya kita mengetahui fungsi segala elemen yang tersedia." Begitulah kira-kira pecutan tips dari Kak Marita Ningtyas. Tak tanggung-tanggung beliau bagikan secara runut alur perkenalan dengan Dashboard Blogspot sebagaimana berikut:

1. Kenalan sama Dashboard Blogspot

https://www.blogspedia.my.id/2020/06/dashboard-blogger-baru-2020.html

2. Cara Membuat Postingan

https://www.blogspedia.my.id/2018/01/mulai-membuat-postingan-di-blogspot.html

3. Ngulik Template

Bagi pengguna blogspot , jika kalian mau menata, pilah - pilih atau utak-atik template supaya rapi, syukur-syukur SEO friendly, bisa nih mengikuti tutorial berikut ini :)

https://www.blogspedia.my.id/2018/02/memilih-template-blogspot-untuk-pemula.html

https://www.blogspedia.my.id/2018/03/mendesain-template-blogspot-sederhana.html

4. Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur)

https://www.blogspedia.my.id/2020/06/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO.html

https://www.blogspedia.my.id/2020/10/keyword-research.html

https://www.blogspedia.my.id/2020/06/cara-optimasi-seo-pada-gambar.html

https://www.blogspedia.my.id/2020/09/13-tips-seo-on-page.html

https://jeyjingga.com/belajar-seo-onpage/

Alon-alon waton kelakon gliyak gliyak waton tumindak gremet - gremet slamet... Perlahan tetapi pasti atau tidak terburu-buru dalam bertindak. Artinya meski perlahan yang terpenting sampai sesuai waktu yang ditentukan. Sukses itu tidak bisa langsung sukses, sukses itu butuh proses, jadi bersabarlah kalau kita tekuni InsyaAllah bisa. Peribahasa yang cocok untuk mengingatkanku agar selalu mawas dalam melakukan tindakan agar tidak salah keputusan dan mampu menghasilkan hasil yang terbaik.

Selamat membaca

Semoga makin bermanfaat

#OneDayOnePost

#ODOPBloggerSquad




Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates