Senin, 18 November 2019

Cliffton's Talents Theme


Menurutnya setiap individu memiliki bakat yang berjumlah 34 tema bakat. Perbedaan antar individu terletak pada urutan tema bakatnya. Saat mengamati urutan bakat tersebut, 7 bakat pertama (dominan) merupakan potensi kekuatan, sedangkan 7 urutan terbawah merupakan potensi kelemahan atau keterbatasan.

Ketiga puluh empat bakat ini dipetakan ke dalam 4 kelompok bakat, yaitu  Thinking (senang berpikir); Striving (senang bekerja); Influencing (senang bertemu) orang lain dalam rangka mempengaruhi); Relating (senang bertemu orang lain dalam rangka bekerja sama).

Kali ini saya akan sedikit memaparkan tentang kelompok Thinking.

Bakat pada kelompok thinking ini dibagi menjadi dua, yakni thinking with right brain and with left brain.

Right meliputi: futuristic, strategic, ideation.

Left meliputi: analytical, learner, input, intellection, context.

Futuristic, senang berangan-angan, membayangkan masa depan seakan-akan tergambar pada dinding dan dapat memberikan inspirasi pada rekan lainnya dengan visinya mengenai masa depan. Tokoh yang tampak memiliki bakat ini adalah Bill Gates yang mampu melihat dengan detail apa yang mungkin terdapat pada masa depan dan mengembangkan produk baru yang sesuai. Bakat ini banyak terdapat pada peran: Enterpreneur, visioner. Kalau di MITI kita pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh-tokohnya, bukan?

Strategic, mampu memilah masalah yang ada dan menemukan jalan terbaik untuk solusinya, disaat yang lain hanya dapat melihat kekacauan.
Tokoh yang nampak memiliki bakat ini adalah Sun Tzu yang dijuluki The Art of War.
Bakat ini banayk terdapat pada peran: manager, leader.

Ideation, menyukai diskusi kelompok yang bebas, baik sekali dalam brainstorming dan mampu menemukan benang merah dari apa yang terlintas pada fenomena yang tak berkaitan. Orang sering menjuluki pemilik bakat ini dengan julukan out of the box. Tokoh yang nampak memiliki bakat dominan strategic adalah isaac newton yang dapat menjelaskan apa yang kelihatannya rumit dan menemukan ide yang belum lengkap dengan penjelasan terbaik. Tema bakat ini banyak terdapat pada peran: marketing, wartawan, advertising.

****
Analytical, memiliki kemampuan untuk memikirkan semua faktor yang dapat mempengaruhi situasi dan kondisi. Manteranya adalah "Tunjukkan kepadaku bahwa perkataanmu itu benar dan sesuai fakta!" Karenanya banyak yang menyebut mereka lumpuh dengan analisis. Tokoh yang nampak dominan memiliki bakat ini adalah Albert Einstein yang mempunyai kombinasi bakat analytical+ideation+maximizer.
Tema bakat ini banyak terdapat pada peran: periset, analis, editor.

Learner, senang mempelajari sesuatu dan selalu tertarik dengan proses mempelajarinya daripada bidang materi atau hasil pembelajaran tersebut. Belajar sejak buaian hingga liang lahat mungkin mantera yang sesuai untuk bakat ini. Tokoh yang nampak dominan memiliki bakat learner adalah Abraham Lincoln.
Tema bakat ini sering terdapat pada peran: guru, teknisi IT, konsultan.

Input, memiliki hasrat untuk mengetahui serta mengumpulkan  lebih banyak segala macam informasi. Sering disebut ensiklopedi berjalan karena pemikirannya yang membuat murah sekali menemukan banyak hal menarik di dunia ini. Tokohnya Charles Darwin. Peran yang banyak terdapat bakat input: periset, wartawan, estimator.

Intellection, senang berpikir, mawas diri dan lebih menyukai diskusi yang bersifat intelektual. Chairil Anwar teramati sebagai pemilik bakat dominan ini, ia amat menikmati kesendiriannya untuk berpikir. Sendirian dalam sepi. Sunyi di tengah keramaian. Tema bakat ini banyak terdapat pada peran: psikologi, filusuf, peneliti.

Context, menikmati sesuatu melalui riset atau studi tentang masa lalu. Pengalaman adalah guru yang terbaik menurut pemilik bakat ini, meski kadang dijuluki susah move on. Tokohnya Indiana Jones. Tema bakat ini banyak terdapat pada peran: guru sejarah, hakim, arkeolog.

Kira-kira kamu punya bakat yang mana teman?

4 komentar

Belum tau.. perlu tes ga nih biar tau?

REPLY

Baru tahu ternyata...
Bakatku apa ya? Hehe

REPLY

Anak usia dini juga bisa di lihatkah bakatnya?

REPLY

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates