Senin, 11 Desember 2017

"Assalamu'alaikum ibu-ibu dan mbak-mbak sholihah. Apa kabar semuanya untuk hari ini?  Semoga selalu dalam lindungan dan hidayah Allah.  Aamiin.
Sesuai jadwal kita,  hari ini dan kita akan adakan diskusi kesehatan dengan narasumber Bu Uun pakar terapi refleksi" Tegur moderator membuka acara.

Yah, Senin malam ini alhamdulillah Saya bisa mengikuti diskusi Whatsapp grup Kesehatan Muslim yang sudah kuikuti sejak sebulan yang lalu, meskipun sambil mencuri-curi kesempatan mengintip diskusi di grup lainnya.

Selang beberapa menit, narasumber mulai  menyapa para anggota grup dan langsung menyampaikan bahan diskusi untuk malam ini.

"Sholihat... Bagaimana kabar hari ini?
Semoga nikmat Iman,nikmat sehat, nikmat istiqomah di jalan Allah masih kita rasakan bersama ditengah-tengah suasana semua bahan pokok naik harganya tanpa kendali.
Contoh kecil kemarin waktu membeli elpiji 12 kg yang sebelumnya harganya 140 ribu tiba-tiba kemarin sudah jadi 150 ribu. Belum lagi harga tomat dan sayur-sayuran yang lain semua ganti harga sampai pedagang kecil banyak yang membatasi jumlah kulakannya.

Tentu kita semua ikut merasakannya. Nah, dalam kondisi seperti ini besar atau kecil pastilah mempengaruhi kondisi tubuh kita secara umum karena  kita menjadi lebih mumet mengatur bagaimana penghasilan yg tidak  naik cukup untuk  memenuhi kebutuhan hidup yang hampir semua naik.

Dari kondisi semacam ini dan kita rasakan dalam jangka waktu yang  lama maka secara fisik tubuh kita akan terkena penyakit.
Penyakit bukan semata-mata bersumber dari kuman,virus atau patogen lain melainkan penyakit bersumber dari kelemahan sistem imunitas tubuh.

Sistem imunitas tubuh ini terdiri atas aspek spiritual,mental,emosi dan fisik.
Apabila sistem ini lemah atau terganggu maka mulailah hal-hal yang menjadi sumber penyakit mempengaruhi kesehatan seseorang.

Dalam pandangan kedokteran Islam, sumber penyakit disebabkan 4 hal:

1. Toksin(racun) yg tertimbun dalam tubuh

Penumpukan racun di dalam tubuh manusia berada pada setiap organ. Dalam jangka waktu yg lama racun tersebut  akan melemahkan organ sehingga  organ tidak  dapat berfungsi sebagaimana Allah  ciptakan dan tugaskan. Kondisi ini yg disebut dengan penyakit degeneratif.

2. Ketidakseimbangan suhu

Ketidakseimbangan suhu pada tubuh seseorang baik suhu badan menurun atau bertambah disebabkan sistem pembuangan dan sistem hormonal tubuh yang  tidak  seimbang. Hal ini akan mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan.

3. Ketidakseimbangan angin

Ketidakseimbangan angin dalam tubuh berawal dari penumpukan feses di dalam usus besar sehingga tubuh mengalami auto intoksikasi, yaitu tubuh mengalami proses meracuni dirinya sendiri.  Racun yang dimaksud adalah gas hasil fermentasi dari feses yang  tidak terbuang.

4. Ketidakseimbangan pikiran

Ketidakseimbangan pikiran yang dialami seseorang akan menyebabkan tubuh mengeluarkan berbagai jenis hormon yang akan melemahkan sistem imunitas.
Diantaranya hormon adrenalin,kortisol dll." Papar Narasumber menjelaskan.

"Waalaikumussalam aamiin, saya mau bertanya, bagaimana kiat untuk menjaga keseimbangan pikiran?" Tanya seorang peserta mengawali sesi tanya jawab.

"Pertama coba kita list yang  menjadi pikiran kita.
Kedua kita pilih mana yg perlu segera diselesaikan dan menyelesaikannya tidak  keluar dari syariat.
Memikirkan penyelesaian masalah adalah suatu keharusan. Tapi memikir terus suatu masalah tanpa tahu bagaimana menyelesaikannya adalah sesuatu yang menguras energi.
Itu mungkin salah satu yang bisa  kita lakukan agar berimbang pikiran kita.
Masalah terlalu gemuk atau terlalu kurus memang banyak hal yang mempengaruhi.

Beberapa faktor yang berpengaruh:

1. Masalah genetik

2. Masalah hormonal

3. Masalah penyerapan di sistem cerna

4. Masalah pola makan

5. Masalah ekonomi

6. Masalah penyakit berat yang diderita

Semoga bisa  menjawab beberapa pertanyaan ibu-ibu" Jawab narasumber gamblang. 

"Ada terapi khusus kah  untuk  yang ingin gemuk?. Penggemukan tanpa obat maksudnya? " Tanya peserta lainnya.

"Terapi khususnya adalah makan teratur dan jarak waktu malam dan waktu tidur diperpendek.
Persering menekan titik lambung
Nah, kalau ingin kurus saya termasuk yang sedang berupaya menuju ke sana" Jelas narasumber.

"Ibu-ibu, adakah yang punya pengalaman ingin kurus dengan memakai terapi jus tapi hasilnya malah lebih gemuk?" Tanya narasumber.

"Saya  pernah Bu Uun. Ternyata berat badan malah naik" timpal seorang peserta.

"Kenapa kasus ini kok bisa terjadi?
Kira-kira begini bu jawabannya:
Setiap tubuh manusia mempunyai type yang berbeda-beda. Ada yang type dingin dan tipe panas.
Dalam kasus di atas kemungkinan besar yang mengalaminya adalah type dingin yaitu ada kelemahan pada lambung dan limpa. Sementara pemanas tubuh kita bagian bawah adalah ginjal.
Jus buah dan sayur sifatnya dingin..nah ketika  ini dikonsumsi lumayan banyak maka lambung limpanya semakin dingin dan ginjalnya juga ikut dingin. Sehingga  tidak bisa mengeluarkan sisa metabolisme dari apa yang kita konsumsi. Jadi bukan dikeluarkan tapi malah disimpan..jadinya tambah gemuk
Kapan-kapan kita akan membahsnya lebih lanjut ya" terang narasumber kemudian.

Wallahu 'alam bi shawab

3 komentar

Menjaga metabolisme tubuh agar normal juga bagian dari kesehatan. Saat pikiran lelah maka seluruh kerja tubuh akan terganggu. Saya ni klo sudah capek mikir langsung drop deh

REPLY

Menjaga metabolisme tubuh agar normal juga bagian dari kesehatan. Saat pikiran lelah maka seluruh kerja tubuh akan terganggu. Saya ni klo sudah capek mikir langsung drop deh

REPLY

Ya betul mbak Zila...hidup haruslah seimbang..jangan terlalu berlebihan ..karena segala sesuatu yang berlebihan sejatinya enggak baik..

REPLY

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates