Sabtu, 23 Desember 2017

Bismillaah

Segala puja puji hanya milik Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menciptakan segala makhluk untuk beribadah kepadaNya semata.

Makhluk sempurna bernama manusia pun tak luput dari perintah ini, bahkan Allah telah menyiapkan balasan bagi para manusia yang bisa melaksanakanya. Tak tanggung – tanggung para manusia ini dipersilakan untuk memilih mana balasan kekal yang diminatinya, tergantung pertolongan yang datang kepada akalnya.

Bicara tentang makhluk, alangkah sempurnanya bagaimana sang Khalik menciptakan segala pendukung kehidupan manusia di dunia, apalagi yang bisa dinikmati dengan panca indra.


Alhamdulillaah, terlahir sebagai manusia sempurna dari rahim wanita shalihah adalah suatu kenikmatan yang tak bisa diungkap dengan kata – kata, ditambah lagi berbagai kenikmatan lainnya yang datang tiba - tiba diluar perkiraan selama perjalanan hidup hingga sekarang ini. Semoga saya bisa menjaga amanah ini sampai tiba waktunya kembali. 

Salah satu nikmat tiba – tiba yang mungkin bisa sedikit digambarkan melalui tulisan adalah kesempatan untuk melakukan perjalanan ke pantai Malang Selatan. Asal tahu saja, meskipun terlahir dan tetap berdomisili di Malang Selatan, sampai sekarang hanya tiga kali saja saya melakukan perjalanan ke area Lintas Selatan Malang. Kebayangkan bagaimana kupernya? Hehe.

Pertama kali ke pantai Selatan saat  Sekolah Dasar di tahun 2005. Sebelum kenaikan kelas sekolah saya mengadakan refreshing ke Pantai Balekambang khusus untuk para peserta perkemahan. Dulu pantai Balekambang yang saya kunjungi masih kumuh, banyak sampah disana – sini dan spot untuk berswafoto masih alami. Kalau lihat di mesin pencarian sekarang, wajah Pantai Balekambang sudah dipercantik dengan dibangunnya berbagai fasilitas pendukung. Dulu sih belum ada istilah jalur lintas selatan, karena masih dalam masa pembangunan.

 
Pantai Balekambang sekarang
Kali kedua di tahun 2016, saya diajak rombongan study visual sekolah untuk mengunjungi Pantai Sendangbiru. Ini kali pertama saya menikmati kemulusan Jalur Lintas Selatan yang telah dibuka  di tahun 2006. Dugaan saya, pantai ini memiliki banyak pasir seperti Pantai Balekambang. Ternyata diluar dugaan, Pantai Sendangbiru yang menjadi tempat pemberhentian perahu nelayan ini memiliki area pemandangan terbatas, karena berkelok – kelok dan banyak dibangun tempat pelelangan ikan di sekitarnya. Namun, kalau mau pemandangan lebih, kita bisa menuju Pulau Sempu dibalik bukit pembatas pantai ini, namun saya belum diberi kesempatan ke pulau tersebut.
Pantai Sendangbiru


Kali ketiga di tahun 2017 ini, saya berkesempatan mengunjungi lima pantai sekaligus dalam sekali perjalanan. Yang lebih surprise lagi, untuk kali pertama saya bisa ikut berkemah semalam di Pantai Gatra bersama rombongan outbound sekolah. Terimakasih Sekolah Alam Generasi Rabbani yang telah mengajak saya ke pantai dalam dua tahun terakhir ini.
Pantai Gatra
 Lima pantai yang saya maksud adalah Pantai Tiga Warna, Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Batu Pecah dan Pantai Rajaampat Mini yang  berada di satu kawasan berdekatan sehingga untuk mencapainya tinggal berjalan kaki menyusuri perbukitan yang ada. Menuju kawasan kelima pantai itu saat ini tidak lagi lewat Goa China seperti sebelum-sebelumnya, karena ditetapkan sebagai kawasan konservasi mangrove - Clungup Mangrove Conservation - lokasi ini telah dikelola oleh kelompok masyarakat yang peduli terhadap kelestarian dan penyelamatan lingkungan.

Berada di pesisir selatan Pulau Jawa dan terletak di tepi Samudera Indonesia, secara administratif kawasan Pantai Tiga Warna berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Tiga Warna memang berada jauh kedalam dari jalan utama menuju Sendangbiru, lokasinya memang agak tersembunyi dari keramaian tidak seperti kondisi pantai-pantai lain yang tersebar di sepanjang garis pantai Sendangbiru. Untuk sampai ke kawasan ini, saya harus berjalan menyusuri hutan mangrove kurang lebih satu jam perjalanan. Namun tenang, ada jasa ojek ditengah hutan bagi pengunjung yang ogah jalan-jalan.
 
Hutan Mangrove CMC
Daerah yang terkenal dengan sebutan The Heart of East Java ini meraih juara ke II nominasi Obyek Wisata Bersih Terpopuler tepatnya.Sementara juara I diraih oleh Kampoeng Radja, Kota Jambi Provinsi Jambi dan juara III disabet Pantai Sisi Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
Pantai Tiga Warna terpilih sebagai venue wisata bersih dan populer. Penghargaan ini diarahkan oleh Sekretaris Menteri Pariwisata, Ukus Kuswara, kepada Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono.
 
Pantai 3 Warna
Sebagai informasi, Pantai Tiga Warna dengan laut yang benar-benar seolah berbeda warna ini dikenal sebagai kawasan konservasi terumbu karang, mangrove, hutan dan juga aneka keanekaragaman hayati lainnya.
Bahkan, masuk ke wisata ini, dibatasi maksimal 100 pengunjung saja. Setiap bawaan pengunjung, terutama plastik dihitung sebelum masuk. Ketika wisatawan kembali, bawaan kembali dihitung. Mengantisipasi dan memantau jika ada sampah yang dibuang sembarangan. Pasalnya, di kawasan ini dilarang buang sampah sembarangan. Sehingga kebersihannya terjaga. Biaya perjalanan yang dikeluarkan insyaallah  tidak sebanding dengan keindahan alam yang bisa dinikmati, belum lagi fasilitas pendukung lain yang menambah nikmat perjalanan ke pantai tersebut. Karena saya diajak cuma-cuma jadi kurang begitu tahu berapa nominal pastinya, tergantung paket apa yang kita ambil. Apalagi sekarang banyak bermuculan komunitas pemandu wisata yang bersaing menawarkan jasa wisata terbaik.

Jadi kapan nih kalian jalan – jalan ke Kabupaten Malang?

#onedayonepost
#nonfiksi
#reviewtempatwisata

4 komentar

Saya belum sempat travel ke malang.. Ini menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat travel nanti.

REPLY

Wah.. Di sepanjang malang banyak juga ya pilihan pantainya. Mantab. Terima kasih. Masuk wishlist nih kalo ke sana.

REPLY

Ditunggu kedatangannya kak

REPLY

Semoga dimudahkankak

REPLY

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates