Minggu, 19 November 2017

Tetap ramai, tapi sopan adalah qoute terakhir dari pengumuman pada Senin malam itu. Jadi, bukan kebetulan jika grup terus-terusan ramai hampir 24 jam, mulai dari percakapan ngalor-ngidul sampai kiriman link hasil karya peserta pun membuat grup ini terus-terusan  menduduki tingkat pertama chat di dinding whatsappku.

Untungnya aplikasi Whatsapp ada pilihan profil silentnya, entah apa jadinya jika profil ini dihilangkan, coba bantu bayangkan!.
.
.
.
Moderator       :  “Bismillahirrohmaanirrohiim. Assalamu'alaikum, penghuni group PRE ODOP   4 yang berbahagia. Sesuai jadwal malam ini pukul 20.00 ada kelas yang membahas tentang ‘Teknik _Blogging’. Bagi teman-teman blogger pemula, pengen tau bagaimana membuat blog atau mengedit tampilan blog agar eye catching , simak baik-baik yaa.... Silakan duduk yang rapi, siapkan diri menerima materi yang akan disampaikan oleh kak @Tran Ran. Teman-teman, kak @Tran Ran ini (sepaham saya, mungkin lebih banyak yang saya belum tau tentang beliau) adalah seorang yang suka membagi inspirasi. Sedikit tentang beliau bisa disimak disini http://sakifah88.blogspot.co.id/2017/08/sosok-yang-membagi-inspirasi-dari-hati.html?m=1. Beliau berpengalaman di bidang marketing, IT, dan sekarang aktif dalam sebuah tim developer syariah. 😊
Narasumber     : 😊 “Hallo, selamat malam.. Assalamua'alaikum sahabat semua. Selamat datang di keluarga baru, Keluarga ODOP (One Day One Post). Semoga di keluarga baru ini sahabat semua bisa mendapatkan kebaikan dan manfaat dgan bergabungnya di grup ini.
Namanya?. Perkenalkan nama saya : Entaran
Di dunia virtual ini saya sering dipanggil dengan panggilan "Tran atau "Ran".
Asalnya?.  KTP saya bekasi, tempat kelahiran sesuai KTP di Jakarta. Kota kebesaran saya di Jawa Tengah. Saat ini tinggal di 2 kota, Bogor dan Jakarta..  Mondar mandir jadinya.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya blogging. Sekaligus mengajak teman semua untuk terus menulis melalui blognya. Maka langkah pertama yang harus sahabat miliki adalah blog. Di sinilah saya hadir untuk menemani perjalanan sahabat semua untuk terus menulis. Seperti saya menemani teman-teman ODOP sebelum kalian, untuk terus menulis sampai sekarang.

Mungkin teman-teman di sini ada yang jadi silent reader, saya pun juga pernah. Tapi di sini, kita bisa aktif kok. Gak ada yang merasa tinggi atau superior . Untuk yang pemula juga gak perlu merasa minder. Bukannya semua hero dimulai dari zero?. Untuk blog dari awal, saya sarankan memulainya dari blogspot atau blogger. Yang merupakan product google. Blogspot memiliki banyak keunggulan dibandingkan platform blog lainnya. selain blogspot, saya jg menggunakan platform lainnya.  selama ini menulis bebas, emang enak di blogspot. saya sudah mmbuktikannya. saya juga mengelola beberapa domain untuk blog & website saya. jadi saya sarankan untuk yang baru mulai, gunakan blogspot ya.

Buat konten yang berkualitas, bermanfaat dan disukai pembaca , ditambah rajin blogwalking atau berkunjung ke blog lain.
Teman-teman mungkin ada yang merasa tertekan. Saya harap jangan sampai ya. Dulu saya bergabung di ODOP juga masih berstatus sebagai karyawan kok. Di waktu senggang saya kerja, saya sempatkan menulis. Jadi teman-teman di sela-sela kesibukannya, bisa sempatkan untuk menulis ya.
Pemicu semngat saya untuk terus menulis adalah respon positif dari para pembaca yang mendapatkan manfaatnya. pernah saya tuliskan di sini : https://inspirasidihati.blogspot.co.id/2016/03/pemicu-semangat-untuk-terus-menulis.html
Moderator       : “Oke, sambil kita buka sesi tanya jawab yah, silahkan”
Penanya          : “Bagimana caranya biar pas blog kita dibuka tulisan tiap postingan cuma terpampang sedikit (dan nanti ada keterangan read more)?”
Narasumber       : “Pernah saya ulas di blog saya , ini artikelnya :
https://inspirasidihati.blogspot.co.id/2016/10/cara-mempersingkat-artikel-blog-dengan.html. Untuk modifikasi menjadi kata-kata lainnya, edit HTML. baiknya kita mulai dari basic dulu ya.”
Penanya          : “Bagaimana cara melihat banyaknya pengunjung yang datang dan konten berkualitas.”
Narasumber     : “Melihat banyaknya pengunjung yang datang dan konten berkualitas bisa dilihat dari komentar dan tingkat viralnya sebuah artikel , jadi kalau artikelnya banyak dishare pasti artikelnya berkesan bagi pembaca.”
Penanya          : “Gimana caranya membuat hiperlink buat di blog ?. Pingin tambah gambar, yang kalo gambarnya di klik bisa ngelink ke web lain gitu.”
Admin             : “Http://mswijaya.blogspot.co.id/2016/08/cara-membuat-atau-memasukkan-link-ke.html?m=1 mungkin bisa menjawab pertanyaannya😊😊
Penanya           : “Apakah kelebihan blogspot?”
Narasumber     : “Fasilitasnya cukup banyak ka,, pernah saya ulas di sini : Https://inspirasidihati.blogspot.co.id/2016/10/kelebihan-blogspot-dibandingkan.html. Fasilitas selebihnya gak bisa kita rasakan seblum kita mencobanya sendiri.”
Narasumber     : “Sudah larut malam. kalau pelajar di luar negri sana sistem belajarnya 2 jam, lalu istrahat. Bisa kita sambung di lain waktu ya, terima kasih atas waktunya. Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menjawab dan menyampaikan.”
Moderator       : “Terimakasih atas ilmunya kak Tran.”

Secuplik percakapan ini yang telah membuat suasana malam Jumat itu menjadi begitu ramai. Diskusi terjadwal perdana setelah enam hari menetap di kelas Pre-ODOP ini bisa kuikuti secara live di malam itu sejak pukul delapan malam hingga jam menunjukkan pukul sepuluh malam.
Antusiasme peserta dan narasumber saat itu sangat tinggi, sampai-sampai sang narasumber rela menyempatkan waktu membuatkan video tutorial demi menambah kepahaman para peserta diskusi.  Makanya, sejak diskusi perdana itu, perasaan eman selalu menghantuiku di jam-jam tersebut. Lalu bagaimana keramaian diskusi selanjutnya?

Bersambung....

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates