Minggu, 22 Oktober 2017


Siapa yang tak kenal Malang, kota yang setiap tahunnya didatangi oleh orang baik luar kota maupun luar pulau untuk menimba ilmu di kota bunga ini. Kota yang penuh perguruan tinggi baik itu negeri/swasta, juga mempunyai sejarah yang sudah ada sejak jaman kompeni, juga banyak tempat rekreasi baik yang kuno seperti candi maupun modern. Malang merupakan kota terbesar kedua di utara timur dan di kenal juga dengan julukan kota pelajar. Sebagai kota pelajar sudah tidak asing jika banyak jajanan murah meriah yang tersebar di daerah Malang sesuai dengan isi kantong pelajar. Salah satunya adalah jajanan sempol.
Sempol adalah jajanan khas daerah Malang yang dapat dengan mudah kita jumpai di pinggir jalan dan dijajakan dengan gerobak mini yang dipikul maupun diangkut sepeda motor.  Jajanan ini menjadi camilan murah meriah yang disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak balita sampai usia senjapun pasti suka, karena teksturnya yang lunak sehingga mudah dimakan.
Jajanan ini terbuat dari adonan daging ayam cincang yang dicampur banyak tepung. Bentuknya memanjang dan  ditusuk dengan bambu yang sudah dibentuk mirip tusuk sate namun lebih panjang, dikukus setengah matang dan saat menunggu pembeli didiamkan seperti penjual sate.
Saat dipesan, setiap tusuk sempol digoreng setengah matang sebentar saja. Kemudian dicelupkan ke kocokan telur lalu digoreng lagi sampai matang. Bumbunya pun mirip dengan cilok, mau pakai saus tomat sedikit pedas, saus tomat, atau kecap. Di beberapa penjual bahkan dilengkapi dengan saus kacang yang bikin rasanya lebih gurih.
Setiap penjual sempol selalu berbeda racikannya, tergantung pada keuntungan yang ingin didapatkan mungkin. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari limaratus rupiah lho.
Bahan yang digunakan untuk membuat sempol ayam tidak jauh berbeda dengan bahan untuk pembuatan cilok. Hanya saja jajanan sempol ditambahkan daging ayam dan digoreng sehingga memiliki citarasa gurih dan enak.
Cara membuat sempol ayam juga mudah dan tidak ribet, hanya saja harus digoreng berulang kali supaya memiliki tekstur renyah. 

Bahan yang dibutuhkan membuat sempol ayam
  • 100 gram daging ayam tanpa tulang
  • 100 gram tepung tapioka atau tepung kanji
  • 75 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 50 ml air panas
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • Tusuk sate untuk melilitkan adonan dan membentuk jajanan sempol ayam
  • Garam secukupnya
Cara membuat membuat sempol ayam
  1. Giling daging ayam menggunakan blender atau penggiling daging
  2. Masukkan daging ayam yang sudah digiling ke baskom, masukan tepung tapioka dan tepung terigu
  3. Tambahkan lada bubuk dan garam secukupnya
  4. Kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan rata
  5. Selanjutnya bentuk adonan dengan cara ambil sedikit adonan dan lilitkan di tusuk sate, bentuk menyerupai paha ayam, lakukan hingga adonan habis
  6. Setelah adonan selesai dibentuk semua, rebus sempol ayam sampai matang, kemudian angkat dan tiriskan
  7. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng
  8. Ambil beberapa sempol ayam kemudian goreng sebentar, angkat dan tiriskan
  9. Kocok satu telur di piring, kemudian masukkan sempol ayam yang sudah digoreng sebentar tadi
  10. Goreng kembali sempol ayam hingga terlihat kecokletan, angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan dengan saus sesuai selera
Cemal-cemil sempol paling nampol.

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates