Kamis, 21 September 2017

Bismillaah
Segala puji hanya milik Allah ta'ala karena segala nikmat yang diberikan tersusunlah  karangan ini .
Hari ini bertepatan dengan hari pertama bulan Muharram di tahun 1439 Hijriyah, tahun baru bagi umat Islam.
Menilik sejarah yang ada, bulan Muharram  ditetapkan sebagai awal hitungan tahun hijriyah oleh  Khalifah Umar bin Khattab.
Tahun hijriyah dibuat sebagai tanda akan kejayaan umat Islam setelah sekian lama ditentang keras oleh kafir Quraisy  sejak pertama kali agama Islam diajarkan oleh Rasulullah shallaallahu alaihi wasallam.
Bulan Muharram sendiri adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah dari bulan-bulan lainnya.

Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab) sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, 207).
Tidak ada amalan khusus di bulan-bulan haram ini namun amal shalih yang biasanya dilakukan hendaknya benar-benar diagendakan lebih baik atau banyak lagi di bulan haram ini.
Nah, bertepatan dengan bulan yang mulia ini , komunitas ODOP batch 4 mulai menantang para anggota  untuk bersama-sama mengukir pena  melalui  media blog. Kenapa harus blog?
Entahlah , mungkin itu cara memanfaatkan kecanggihan zaman untuk tetap bermanfaat bagi oranglain tanpa kesusahan. Hehehe
"Apapun kegiatan Anda, jadikan itu sebagai  bahan tulisan.", kata-kata inilah yang saya ingat dari pembekalan tadi malam yang dihadiri langsung oleh founder komunitas ODOP , bapak Syaiful Hadi dan dipimpin oleh Ketua komunitas Bapak Heru.
Meski belum pernah bertatap muka tapi saya yakin bahwa orang-orang yang terus menebar manfaat melalui komunitas ini adalah orang sukses yang "disuruh" Allah untuk membimbing saya dan anggota baru lainnya tanpa pamrih.
Kalau diulas kembali tentang berlipatnya pahala di bulan haram ini, sudah berapa banyak catatan amal kebaikan dalam raport dunia mereka melalui perantara komunitas ini, belum lagi amal kebaikan lainnya. Masyaallah.
Terimakasih atas kesempatan yang diberikan dan mohon maaf apabila selama berinteraksi dengan kami terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati
Semoga Allah memudahkan kita semua dalam beramal di bulan haram ini dan menjagakan hati, lisan, dan perbuatan kita dari hal-hal yang tidak diridhai-Nya.Amiiin.
Wallahu 'alam bis showab
Malang
21 September 2017
#tahunbaruislam
#haripertamaODOP

4 komentar

yeeyy kita mulai tahun baru dengan kegiatan yg lebih baik lagi

REPLY

Semoga dikuatkan dalam kebaikan yaa kak. Aamiin

REPLY

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat

J A Z I L U L A . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates